14 Tips Jitu Umroh Backpacker yang Dapat Memangkas Biaya

Discussion in 'Lifestyle' started by Marketplace Umroh, Jan 27, 2017.

  1. Marketplace Umroh

    Marketplace Umroh
    Expand Collapse
    New Member
    Starter

    Joined:
    Jan 27, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Tidak dapat diingkari jika dewasa ini, animo masyarakat mengunjungi Tanah Suci Mekkah semakin meningkat. Apalagi, banyak “pihak” seakan ikut berkontribusi di dalamnya. Ini mencakup kemunculan banyak maskapai penerbangan bertarif rendah, diskon atau potongan harga penginapan, travel agent berbujet terjangkau, hingga tips mengelola intinerary serta anggaran perjalanan. Hasilnya, ibadah umrah yang mulanya dianggap “sulit” lantaran berbiaya mahal, jadi terasa memungkinkan bagi semua orang. Nah, berbeda dari umrah konvensional, kita mengenal istilah umrah backpacker sebagai solusi bepergian ke Tanah Suci berbiaya murah. Salah satu penyebabnya, yakni kendali pengurusan elemen perjalanan yang seluruhnya berada di tangan Anda. Ini artinya, Anda tidak perlu lagi menyewa atau justru “membayar” jasa travel agent–kecuali pada kasus tertentu semisal pengurusan visa.
    Lantas apa yang harus dipersiapkan agar umrah backpacker berjalan dengan lancar dan tentunya murah? Berikut adalah 14 tips umrah backpackerjitu yang dapat Anda praktikkan.

    1. Mengurus Visa

    Lantaran menjadi dokumen penting untuk berkunjung ke Tanah Suci, Anda perlu mengecek dan mengurus visa dan paspor terlebih dulu. Nah, untuk hal yang satu ini, Anda harus sedikit lebih jeli. Pasalnya, pemerintah Saudi Arabia tidak memberlakukan VoA (Visa on Arrival) untuk kunjungan apa pun–entah itu umrah, haji, atau kunjungan biasa. Adapun visa wajib diurus terlebih dulu di Kedutaan Besar Saudi Arabia.
    Masalah muncul saat proses pengurusan ini tidak bisa dilakukan secara perorangan. Karenanya, untuk mengakali urusan visa yang harus dilakukan secara kolektif ini Anda memerlukan sedikit “campur tangan” para travel agent.Jangan khawatir, sebab ada banyak, kok biro perjalanan yang akan membantu Anda. Sebagai penggantinya, Anda akan dikenakan sejumlah biaya, meski secara resmi visa umrah untuk warga Indonesia adalah gratis.
    Pilih agen perjalanan yang tepercaya agar Anda tidak mendapatkan kendala selama di perjalanan, karena saat ini kita perlu waspada dengan maraknya penipuan terhadap jemaah haji dan umroh.
    Beberapa catatan yang harus Anda perhatikan saat mengurus visa:
    1. Pastikan Anda sudah terlebih dulu memesan hotel di Mekkah atau Madinah. Jangan lupa mencetak bukti booking dan membawanya saat mengurus visa.
    2. Pastikan Anda memiliki nama dengan tiga suku kata. Bagi yang tidak, Anda dapat “menambahkan” nama orang tua Anda di kantor imigrasi terdekat, dengan syarat: menunjukkan akta kelahiran dan kartu keluarga.
    3. Untuk wanita, pastikan Anda akan didampingi oleh muhrim. Ini dapat berupa saudara laki-laki, ayah, suami, atau paman.
    2. Perhitungkan Waktu Keberangkatan

    Pada waktu-waktu tertentu seperti bulan Ramadan banyak orang yang melaksanakan ibadah umroh. Pada saat musim ramai tersebut biasanya harga tiket akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, demikian juga dengan biaya pembuatan visa. Karena ibadah umroh bukan merupakan ibadah yang waktunya ditentukan secara khusus seperti ibadah haji maka Anda dapat memilih waktu keberangkatan umroh di saat-saat yang tidak terlalu ramai.
    Berangkat umroh di waktu yang tidak terlalu ramai tidak hanya dapat memangkas biaya perjalanan tetapi juga dapat memberikan kesempatan ibadah yang lebih khusuk karena Anda tidak perlu berdesakan saat melaksanakan ibadah di tanah suci. Terdapat periode high dan low season yang harus Anda pertimbangkan saat ingin berangkat umrah. Pemilihan periode yang tepat tentu saja berdampak pada harga tiket pesawat, biaya penginapan, makan, hingga risiko kesehatan yang rendah.

    3. Berburu Diskon dan Tiket Murah

    Banyaknya maskapai yang menyediakan promo tiket hingga diskon murah bisa jadi solusi Anda menghemat bujet saat umrah backpacker. Salah satu trik: cobalah untuk mencari tiket saat tengah malam hingga subuh. Hitung-hitung, Anda bisa menemukan promo rute penerbangan langsung Jakarta-Jeddah–yang menghemat waktu transit.
    Trik-trik lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan membeli tiket promo, membeli tiket jauh hari sebelumnya, atau memilih keberangkatan dari negara yang cukup dekat dengan tanah suci.

    4. Jangan Pergi Sendirian

    Bagi para umrah backpacker, penting untuk tetap berbagi “biaya” dengan orang lain. Ini meliputi biaya makan, transportasi, hingga akomodasi berupa penginapan. Adapun bepergian secara berkelompok membantu meminimalkan risiko tersesat saat pergi ke Tanah Suci.
    Anda dapat mencari rekan seperjalanan melalui forum atau komunitas umroh backpacker. Teman seperjalanan tidak hanya membuat Anda lebih tenang selama perjalanan ibadah, tetapi juga dapat saling membantu selama berada di tanah suci.

    5. Cari Kenalan

    Solusi lain dalam menghemat bujet adalah dengan mencari kenalan–jika perlu warga lokal. Ini bisa berupa saudara terdekat, teman, atau keluarga. Nah, siapa tahu dengan begitu, Anda bisa mendapatkan “tumpangan”, penginapan, hingga makan gratis selama di Tanah Suci.

    6. Susun Itinerary

    Susunlah itinerary secermat mungkin. Adapun itinerary (rencana perjalanan) Anda haruslah mampu mengakomodasi waktu beribadah, durasi perjalanan, pembagian jam istirahat/makan/dan salat, hingga rencana kepulangan.
    Semakin cermat Anda menyusun itinerary, akan semakin hemat pula biaya perjalanan Anda. Semakin lama waktu singgah selama di Tanah Suci, maka semakin besar pula biaya yang harus Anda keluarkan. Sebaiknya pilih waktu singgah secukupnya dan utamakan untuk melaksanakan ibadah umroh bukan untuk travelling, berfoto, atau berbelanja.

    7. Manfaatkan Transportasi Lokal

    Ada banyak transportasi lokal yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari Jeddah, Mekkah, dan Madinah. Ini bisa berupa bus eksekutif, angkutan umum, hingga taksi. Adapun salah satu tips, jangan lupa menawar taksi terlebih dulu–sekalipun taksi tersebut sudah menggunakan argometer.

    8. Maksimalkan Fasilitas Umum

    Jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas umum yang ada. Sebagai seorang backpacker, Anda bahkan bisa juga,lho menginap di masjid. Bukan hanya mendekatkan Anda pada tujuan beribadah yang sesungguhnya, di masjid tersedia pula beragam fasilitas untuk beristirahat, tidur, mandi, hingga makan!

    9. Masak Makanan Sendiri

    Ketimbang membeli makanan, ada baiknya memenuhi kebutuhan konsumsi harian Anda dengan memasak makanan sendiri. Jangan khawatir, sebab banyak, kok, penginapan yang juga menyediakan fasilitas mini pantryyang bisa Anda gunakan. Cukup membawa beberapa liter beras dan lauk-pauk yang tidak mudah basi. Adapun bujet yang tersisa dapat Anda manfaatkan untuk keperluan lain, semisal membeli oleh-oleh atau sesekali mencicip kuliner khas.
    10. Menjaga Kesehatan

    Selama melaksanakan ibadah umroh backpacker di tanah suci, jaga kesehatan Anda dengan baik. Jika Anda sakit, maka biaya yang perlu dikeluarkan selama Anda dirawat di rumah sakit, bisa jadi akan cukup besar.
    11. Memilih Penginapan Murah

    Salah satu keuntungan melaksanakan umroh backpacker adalah Anda dapat menentukan sendiri seluruh akomodasi, konsumsi dan transportasi yang Anda gunakan. Pilih penginapan yang murah dan bersih agar dapat menghemat pengeluaran.

    12. Memilih Oleh-oleh Dengan Cermat

    Saat membeli oleh-oleh untuk dibawa ke tanah air, beli oleh-oleh yang ringan, murah dan mudah dibawa sehingga anda tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk pengemasan atau mengirim paket.

    13. Membuat Rencana Anggaran Perjalanan

    Sebelum berangkat melaksanakan umroh backpacker, sebaiknya Anda membuat rencana anggaran pengeluaran sehingga Anda dapat menyiapkan dana yang dibutuhkan serta dapat mengontrol besarnya pengeluaran yang Anda keluarkan selama berada di Tanah Suci.

    14. Jangan Rewel!

    Sesekali tidur maupun mandi di masjid, berjalan kaki, hingga memasak memasak sendiri makanan mungkin akan membuat Anda kaget. Namun, segeralah beradaptasi. Ingatlah kembali tujuan awal umrah Anda–yaitu beribadah.
    Itulah 14 tips umorah backpackeryang dapat Anda praktikkan untuk menghemat biaya. Selamat mencoba!

    Sumber: Umroh Travel
     
  2. Loading...

    Similar Threads Forum Date
    Tips Meningkatkan Energi Dalam Tubuh Secara Alami Health Jan 10, 2016
    Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Dalam Tubuh Health Jan 9, 2016

Share This Page