8 Manfaat Luar Biasa Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health' started by Budi, Jan 11, 2016.

  1. Budi

    Budi
    Expand Collapse
    Moderator
    Staff Member Starter

    Joined:
    Nov 16, 2015
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    jamur kuping.jpg

    Jamur Kuping - Pecinta jamur pasti sudah tidak asing dengan tanaman penuh manfaat yang satu ini. Tanaman ini memiliki tekstur daging yang kenyal dan berbentuk cuping seperti kuping. Di Indonesia jamur ini biasanya digunakan sebagai campuran olahan sup ataupun masakan oseng. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan. Namun sebelum mulai membahas apa saja manfaatnya untuk kesehatan, mari kita simak terlebih dahulu ciri-ciri dan kandungan gizi jamur kuping sebagai berikut.

    Karakteristik Jamur Kuping
    Ciri-ciri jamur kuping antara lain sebagai berikut :
    • Bentuknya menyerupai seperti mangkok, dan kadang-kadang terlihat seperti cuping telinga.
    • Memiliki berbagai warna diantaranya hitam, coklat kehitaman, ataupun coklat tua.
    • Memiliki diameter 2 hingga 15 cm dengan daging yang tipis dan kenyal.
    • Jamur kuping memiliki tekstur yang kenyal saat masih segar. Sedangkan jika dalam keadaan kering, jamur ini memiliki tekstur yang keras hampir seperti tulang.
    • Proses reproduksi vegetatif pada jamur ini adalah dengan cara bertunas, konidia, dan fragmentasi miselium. Sedangkan reproduksi generatif berlangsung dengan cara menggunakan alat yang biasa disebut dengan basidium untuk menghasilkan spora yang disebut basidiospora.
    • Siklus hidupnya hampir sama dengan siklus hidup jamur tiram dan shitake, yaitu menghasilkan spora dalam jumlah yang besar, bentuknya kecil dan ringan pada saat tubuh buah sudah menua.

    Kandungan Gizi Jamur Kuping

    Kandungan gizi yang ada dalam jamur ini terbilang cukup lengkap. Kandungan nutrisi yang terdapat pada jamur yaitu air, protein, lemak, karbohidrat, dan juga serat. Pada jamur kuping terdapat pula berbagai macam vitamin dan mineral. Jenis vitamin yang ada dalam jamur kuping ialah thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, dan folat. Serta kandungan mineral yang terdapat pada jamur kuping seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Kandungan nutrisi dan gizi tersebutlah yang menyebabkan jamur jenis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

    Jamur ini biasanya tumbuh liar di pohon tumbang dan tempat yang lembab. Tetapi saat ini, setelah banyak diketahui manfaatnya untuk kesehatan dan di cari banyak orang, akhirnya jamur ini banyak dibudidayakan. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa jamur kuping bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

    Berbagai penyakit seperti stroke, penyakit jantung, dan darah tinggi dapat diatasi dengan mengonsumsi jamur jenis ini. Jamur ini bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah sehingga mencegah penyumbatan dari pembuluh darah. Seperti yang kita ketahui bahwa penyumbatan pembuluh darah akan berakibat fatal karena dapat menyebabkan seseorang mengalami stroke. Berikut penjelasan lengkapnya tentang manfaat jamur kuping bagi kesehatan.

    Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan

    1. Mengobati Penyakit Stroke
    Penyakit stroke adalah salah satu pembunuh utama di dunia, penyakit ini mampu menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah yang menuju ke jantung maupun ke otak.

    Dengan mengonsumsi lendir yang dihasilkan jamur kuping maka akan bermanfaat dalam mengencerkan kembali peredaran darah yang menggumpal dalam tubuh.

    2. Mencegah Penyakit Jantung
    Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mengerikan bagi manusia, hal ini disebabkan karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyakit jantung ini disebabkan karena tidak lancarnya peredaran darah dalam tubuh.

    Untuk itu disarankan bagi seseorang yang menderita penyakit jantung untuk mulai mengonsumsi jamur kuping. Karena manfaat dari mengonsumsi jamur ini adalah untuk mengencerkan dan melancarkan peredaran darah yang sebelumnya mengental, sehingga dapat mengurangi atau mencegah terjadinya penyakit jantung.

    3. Mencegah Anemia
    Zat besi merupakan mineral yang sangat penting dalam proses produksi sel-sel darah. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit anemia yang disebabkan kurangnya darah dalam tubuh.

    Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala seperti lelah, lemah dan pusing. Kandungan zat besi dalam jamur kuping adalah yang tertinggi dibandingkan dengan sayuran yang lain. Dengan mengkonsumsi jamur kuping secara rutin maka tubuh akan memproduksi sel darah agar dalam jumlah yang normal, sehingga dapat mengobati atau mencegah penyakit anemia.

    4. Dapat Mencegah Gangguan Alzheimer
    Jamur kuping merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sangat bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang sudah berusia tua. Ekstrak polisakarida yang terdapat dalam jamur kuping mampu menghambat salah satu enzim yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer.

    5. Mencegah Iritasi dan Peradangan
    Ekstrak polarisakarida yang terdapat dalam jamur jenis kuping ini berfungsi sebagai anti-inflamasi. Hal ini berguna untuk mencegah iritasi dan peradangan yang terjadi pada selaput lendir.

    6. Menurunkan Kolesterol
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan polarisakarida yang terdapat dalam jamur kuping mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Untuk itu bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa mencoba mengkonsumsi jenis jamur seperti ini dalam berbagai menu olahan. Namun ingat, hindari olahan masakan berminyak yang malah dapat memicu kenaikan angka kolesterol dalam darah anda.

    7. Menurunkan Resiko Stress
    Kandungan vitamin B-2 yang terdapat pada jamur kuping mampu membantu mendukung sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghindari stress.

    8. Penangkal Radikal Bebas
    Tubuh seseorang juga memerlukan Vitamin B2 (riboflavin) untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang nantinya akan bertindak sebagai bahan bakar dalam tubuh. Senyawa ini juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan mata, kulit, rambut, dan fungsi hati.

    Vitamin B2 dalam jamur kuping juga mampu bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini atau meningkatkan resiko seseorang terserang penyakit kanker dan jantung.

    Manfaat Lendir Jamur Kuping

    Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata lendir dari jamur ini memiliki khasiat tersendiri. Jika dipanaskan maka lendir yang dihasilkan memiliki khasiat dalam menonaktifkan zat-zat racun yang terbawa dalam makanan, baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, maupun racun berbentuk logam berat sekalipun.

    Selain mampu menangkal racun, lendir jamur tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah serta mengatasi penyakit kanker dan penyakit darah tinggi. Kandungan antikoagulan yang dimiliki mampu meghambat dan mencegah penggumpalan darah. Lendir dari jamur kuping ini juga bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, penguat syaraf, sebagai antitumor dan juga sebagai antioksidan.

    Baca juga thread saya yang lain tentang macam macam jamur

    Demikianlah informasi tentang manfaat jamur kuping untuk kesehatan. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat untuk anda semua terutama dalam hal kesehatan. Sekian thread dari saya dan terima kasih atas kunjungannya.
     

Share This Page

  • agen casino
  • Register 777win now to get promo. Join us for a great winning experience! 24/7