Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Discussion in 'Health' started by Budi, Dec 7, 2015.

  1. Budi

    Budi
    Expand Collapse
    Moderator
    Staff Member Starter

    Joined:
    Nov 16, 2015
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Mempunyai berat badan dan tubuh yang ideal tentu merupakan impian setiap orang, baik pria maupun wanita. Sekarang ini banyak orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Penyebabnya ada bermacam-macam mulai dari pola hidup yang tidak sehat, faktor genetika, stress dan lain-lain.

    Selain dari penampilan fisik, kelebihan berat badan juga dapat mempengaruhi seseorang dan dapat berdampak pada kualitas hidup seseorang seperti minder, depresi, fisik melemah dan resiko terserang penyakit.

    Berikut beberapa penyakit yang akan menimpa seseorang yang gemuk atau obesitas.

    1. Penyakit jantung
    2. Stroke
    3. Diabetes
    4. Kanker
    5. Hipertensi
    6. Arthritis
    Dengan menurunkan berat badan menjadi ideal, maka kamu akan terhindar dari penyakit diatas.

    Namun saat seseorang sudah berhasil menurunkan berat badan menjadi ideal, maka orang tersebut akan mendapatkan banyak sekali manfaat diantaranya seperti meningkatkan kesehatan dan menambah kepercayaan diri. Oleh karena itu banyak orang-orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan sehingga dapat menghilangkan lemak dan membuat tubuh menjadi ramping atau ideal.

    Kamu mungkin sudah mengetahui tentang bagaimana caranya mencegah kelebihan berat badan. Langkah simpel tersebut seharusnya mudah untuk dijalani, tapi kebanyakan orang tidak mampu untuk menghindarinya.

    Sebenarnya banyak cara yang bisa ditempuh untuk menjalankan program diet mulai dari yang berat sampai yang ringan, namun kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan ini sebenarnya terletak pada tekad dan keseriusan masing-masing individu.

    Berikut ini adalah Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami:

    1. Meminta Saran Dokter.

    meminta saran dokter.jpg

    Untuk memulai menurunkan berat badan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari seorang dokter dan meminta saran terbaik untuk menurunkan berat badan. Ini perlu dilakukan karena dokter akan mengarahkan kita menuju gaya hidup sehat dan memberikan saran menurunkan berat badan secara tepat. Untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif, ada empat aspek hidup yang harus kita ubah, yaitu: apa yang harus di makan, bagaimana cara makan, perilaku dan aktivitas sehari hari.

    2. Tanamkan Pikiran Untuk Kurus.

    diet.jpg

    Setelah kamu membuat keputusan untuk menurunkan berat badan, maka kamu harus melakukannya dengan bersungguh-sungguh. Jangan menunda-nunda, lakukanlah hari ini juga, jangan menunggu besok, lusa atau minggu depan. Biasanya kebiasaan menunda-nunda ini yang menjadi masalah, kamu tidak akan kurus jika terus berpikir seperti ini.

    gendut.jpg

    3. Memulai Aktivitas Sehari-hari Dengan Sarapan.

    sarapan pagi.jpg

    Para ibu selalu mengatakan bahwa sarapan adalah makanan yang penting sebelum memulai aktifitas sehari-hari. Memang benar demikian, dengan sarapan sehat di pagi hari akan memulai dan meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Makanan yang kamu makan akan memberikan energi pada tubuh dan digunakan untuk membakar lemak sepanjang hari saat kamu beraktivitas.

    4. Jangan Tinggalkan Sarapan.

    sarapan.jpg

    Sebagian besar orang beranggapan bahwa dengan meninggalkan sarapan maka akan berdampak besar pada program dietnya. Padahal dengan tidak sarapan akan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lambat dan program diet menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu tetap lakukan sarapan sebelum memulai aktivitas, namun ingat, makanlah makanan yang kaya kandungan serat, protein, dan gizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, dan lainnya.

    5. Jangan Sampai Kamu Lapar.

    jangan sampai lapar.jpg

    Agar program menurunkan berat badanmu tetap dalam jalur yang sehat, maka janganlah kamu melakukan diet terlalu berlebihan. Kamu mungkin merasa jika telat makan atau tidak makan secara teratur akan membuat program dietmu menjadi lebih baik, bahkan kamu sengaja menunda-nunda jam makan. Padahal hal tersebut justru akan berdampak buruk bagi diet yang kamu lakukan. Hal ini karena tubuhmu juga membutuhkan asupan makanan untuk memberikan energi yang kamu gunakan untuk aktivitas sehari-hari sehingga tanpa sadar kamu akan merasa sangat lapar dan makan dalam porsi yang berlebihan.

    6. Perbanyak Minum Air Putih.

    minum air putih.png

    Tubuhmu memerlukan air untuk membakar lemak dan menjaga sel-sel tetap terhidrasi. Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang proses metabolisme. Usahakan minimal minum air putih 8 sampai 10 gelas per hari. Selain baik untuk kesehatan ginjal, Air putih juga bermanfaat dalam meluruhkan lemak didalam usus-usus kita.

    7. Mengurangi Porsi Makan.

    mengurangi porsi makan.jpg

    Kurangi porsi makan kamu, jika tidak bisa mengurangi porsi makan, minumlah segelas air putih terlebih dahulu sebelum mulai makan. Hal ini akan membantu kamu mengurangi porsi makan karena perut akan merasa kenyang terlebih dahulu.

    8. Makan Sedikit Namun Sering.

    makan sedikit.jpg

    Makan sedikit sedikit 5 kali perhari masih lebih baik dari pada makan 3 kali sehari tapi dengan porsi normal atau besar. Makan lebih sering dalam porsi kecil akan dapat mencegah seseorang makan terlalu banyak. Hal ini juga akan dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori lebih cepat.

    9. Makan Makanan Yang Mengandung Serat.


    serat.jpg

    Makanlah makanan yang berserat tinggi pada buah dan sayur sayuran. Makan lebih banyak serat akan membuat seseorang lebih cepat kenyang dalam waktu yang lama dan melambatkan proses pencernaan. Untuk buah misalnya alpukat, pir, pisang, dan pepaya. Untuk sayur bisa dengan brokoli, bayam, lobak, kembang kol, kubis merah, dan sayur-sayuran hijau. Makanan ini mengandung vitamin dan serat. Serat akan membuat kamu membersihkan banyak limbah yang tidak diinginkan dari sistem pencernaan dan membuat proses pencernaanmu lebih efisien.

    10. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Lemak Baik.

    lemak baik.jpg

    Lemak bukan serta-merta tidak ada manfaatnya untuk tubuhmu . Kamu tetap membutuhkan ini untuk menjaga berat badan ke tingkat yang ideal. Tubuhmu pasti membutuhkan lemak untuk menghasilkan energi yang kamu gunakan sehari-hari. Namun jika terlalu banyak lemak malah akan berdampak buruk untuk kesehatan. Lemak membantu tubuhmu menyerap beberapa nutrisi dan memproduksi hormon yang penting untuk tubuh. Makanlah makanan yang mengandung lemak baik: karena lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Hindari lemak jahat: Lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

    11. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Protein.

    protein food.jpg

    Konsumsilah makanan yang mengandung protein seperti ikan dan daging tanpa lemak. Mendapatkan protein dan mineral yang cukup akan berperan penting untuk membantu proses dalam meningkatkan metabolisme tubuh pada tingkat yang lebih tinggi untuk membangun otot dan membakar lemak pada tubuh. Makan protein yang cukup juga membantu mengontrol kadar gula darah, tingkat insulin dan memperlambat proses pemecahan karbohidrat yang dicerna dalam tubuh.

    12. Hindari Makanan Yang Mengandung Banyak Gula.

    hindari gula.jpg

    Makanan ini mengandung kalori yang cukup tinggi. Makanan yang mengandung gula cukup di konsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Konsumsi gula yang berlebihan telah dihubungkan dan berakibat dengan peningkatan resiko terkena diabetes dan obesitas.

    13. Hindari Makan Waktu Malam.

    hindari makan malam.jpg

    Jangan makan atau ngemil di malam hari, karena dimalam hari tubuh cenderung lebih sedikit beraktifitas sehingga asupan karbohidrat tidak terlalu dibutuhkan. Makanlah 4 sampai 5 jam sebelum tidur, karena jika makan dan langsung tidur, maka makanan tersebut nantinya akan ditimbun menjadi lemak.

    14. Olahraga.

    olahraga diet.jpg

    Olahragalah secara teratur baik itu joging, senam aerobik, maupun bersepeda. Lakukan minimal 15 menit perhari, ideal 30 menit. Karena setelah 30 menit tubuh akan membakar lemak di bawah kulit dan dalam tubuh. Selain membakar lemak, dengan berolahraga tubuh kita akan menjadi lebih bugar dan daya tahan tubuh semakin meningkat.

    15. Tidur Yang Cukup.

    tidur cukup.jpg

    Tidurlah secara teratur, karena menurut hasil penelitian orang yang tidur kurang dari 7 jam akan meningkatkan produksi hormon kortisol, gula darah dan produksi insulin. Hal itu akan membuat tubuh menjadi cepat lapar serta menjadikan resistensi insulin dimana resistensi tersebut akan membuat tubuh menyimpan banyak lemak. Jadi mulai sekarang biasakanlah untuk selalu tidur secara teratur, selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tidur secara teratur juga akan membuat kulit menjadi awet muda.

    Dari semua tips diatas, disiplin dan konsistensi tetaplah kunci terbaik untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Diet ringan, olahraga secara teratur, dan asupan nutrisi yang seimbang setiap hari akan memberikan hasil yang memuaskan. Namun ingat disiplin dan konsistensi harus tetap dijaga, karena jika kembali ke kebiasan lama maka berat badanmu akan kembali naik dari pada saat kamu mulai merencanakan diet.

    Menurunkan berat badan secara alami tentu membutuhkan proses dan tidak bisa disepelekan. Oleh karena itu, ini akan membutuhkan banyak perjuangan seperti pengendalian diri dan disiplin agar mencapai berat badan yang ideal.
     
    #1 Budi, Dec 7, 2015
    Last edited: Mar 20, 2016
  2. Loading...


Share This Page